Dangdut Dan Sejarah Singkatnya

 Kembali ke daftar artikel 

Masih dengerin lagu dangdut gak? Apa tinggal emak di rumah yang terlihat syahdu dengerin gendang dangdut? .

Dangdut salah satu musik Indonesia yang dikenal dunia. Pokoknya dangdut itu Indonesia Banget. Sunatan, Mantenan, Syukuran, Hajatan, Kontes di Televisi hingga Kampanye Politik pasti pakai Dangdut .

Tapi tahu gak asal usul musik dangdut itu berawal dari Orkes Melayu seperti yang kamu dengerin ini .

Kampanye Anti Imperialisme oleh Rezim Soekarno pada akhir tahun 1950an yang memuncak pada pidatonya tahun 1959 yang menyebut musik pop Amerika itu sebagai Ngak-Ngik-Ngok. Pemerintah mulai memboikot segala bentuk produk Amerika seperti Film hingga musik .

Saat itulah kemunculan Orkes Melayu dan langsung mendapatkan tempat. Musik orkes Melayu ini sangat dekat dengan irama musik gambus Arab dan Chalte India. Orkes Melayu lahir di Deli, Sumatera Utara dan menyebar hingga ke Jakarta. Penyanyi yang sangat tenar pada periode "proto dangdut" ini adalah Ellya Khadam yang populer lewat lagu "Boneka India" .

Tahun 1970an musik Orkes Melayu ini akhirnya mengkristal menjadi musik Dangdut dengan tokoh paling awal yaitu A. Rafiq yang membawa gaya busana mirip Elvis. Kamu masih ingat celananya yang khas, sampai-sampai dulu itu kalau beli celana bilangnya celana A.Rafiq .

Dangdut berasal dari irama gendang yang dipukul berbunyi tak-tung, dang-dut. Musik Dangdut telah melintasi berbagai generasi, mulai dangdut mirip India, dangdut khas melayu hingga dangdut koplo saat ini .

Nah, itu dia sedikit kisah tentang Dangdut sebagai budaya kita .