Kue Unik Tolpit Alias Adrem

 Kembali ke daftar artikel 

Asal muasal Tolpit alias Kontol Kejepit makanan khas yang berasal dari Bantul, Yogyakarta. Camilan ini sebenarnya memiliki nama asli Adrem dan merupakan jajanan lawas, namun karena bentuknya yang unik orang lebih mengenalnya dengan istilah Tolpit. 

Nama ini memang tak bisa dipungkiri karena konon mirip dengan kelamin laki-laki (skrotum) yang terjepit sesuatu. Namun, agar terdengar lebih sopan, maka ia disingkat menjadi tolpit. Nama ini diambil karena konon mirip dengan kelamin laki-laki (skrotum) yang terjepit sesuatu. Namun, agar terdengar lebih sopan, maka ia disingkat menjadi tolpit.

Pembuatan Tolit sangat mudah, Bahan baku utamanya adalah tepung beras. Cara pembuatannya tepung beras, parutan kelapa, gula Jawa dan vanili dica,pur, setelah dicampur dalam satu adonan baru digoreng kemudian dibentuk menggunakan jepitan. Paling enak kalau dimakan selagi hangat, sambil minum teh atau kopi bersama keluarga dan teman. 

Tempat membeli Tolpit di Yogyakarta, antara lain di Pasar Sanden, Pasar Celep Srigading Bantul, Pasar Bantul, Pasar Kotagede, dan di lokasi event jajanan tradisional seperti Pasar Tani Jogja di area Dinas Pertanian DIY.

Tips membeli Tolpit Ketika Anda sudah menjumpai kue Tolpit, jangan asal beli ya! Salah satu indikator bahwa tolpit enak adalah memiliki warna cokelat kehitaman. Warna tersebut merupakan perpaduan kematangan sempurna dengan komposisi tepung beras dan gula jawa yang tepat.




 

Sumber : https://www.boombastis.com/asal-usul-nama-kue-tolpit/248132https://www.suara.com/lifestyle/2019/06/13/153220/tolpit-makanan-dengan-nama-jorok-ini-info-lengkap-dan-tempat-membelinya 

Tulisan : Ajeng

Infografis : Wulan