Mekkah Dan Sultan Agung

 Kembali ke daftar artikel 

Dalam Babad Nitik Sultan Agung dan buku karya Pranata yang berjudul Sultan Agung Hanyokrokusumo menyebutkan kisah sang Sultan termahsyur di Mataram abad 17 ini dengan Tanah Suci Mekkah .

Sultan Agung secepat kilat melesat menuju ke Mekkah untuk Sholat Jumat di Masjidil Haram. Suatu ketika selepas Sholat Jumat, ia menemui Imam Supingi pemimpin Mekkah dan meminta kelak diizinkan untuk dimakamkan di Mekkah. Permintaan Sultan Agung ditolak karena alasan bahwa Sultan Agung adalah manusia yang lahir dari pertemuan Jin dan Manusia .

Sultan Agung murka dan menemui istrinya, Nyai Rara Kidul dan meminta untuk mengirimkan teluh dan penyakit ke Mekkah. Akhirnya Mekkah dilanda wabah penyakit. Imam Supingi yang resah akhirnya bertemu Sunan Kalijaga yang sedang sholat di Masjidil Haram. Sang Imam menyampaikan permohonan maaf pada Sultan Agung dan menitipkan Sorban Hitam bekas Nabi Muhammad sebagai hadiah untuk Sultan .

Atas bujukan Sunan Kalijaga, akhirnya Sultan Agung mengurungkan niatnya untuk dimakamkan di Mekkah. Sebagai gantinya gumpalan tanah Haram dilemparkan ke pulau Jawa dan kelak menjadi makam para Raja Mataram .

Tentu ini adalah cerita babad, namun beberapa hal yang menjadi catatan kita bahwa Mekkah telah menjadi titik penting dalam pencarian legitimasi seorang Sultan Agung .

Catatan lain adalah Sultan Agung melakukan Sholat Jumat di Mekkah namun tak melakukan ritual Haji. Hal ini kemudian diikuti oleh keturunannya. Tak ada satu Sultan Yogyakarta atau Sunan Surakarta yang melakukan ibadah haji. Menurut Ricklefs, Sultan dan Sunan tak berhaji karena takut meninggalkan keraton dalam waktu lama

 

sehingga mengancam kekuasaannya .

Mekkah seakan menjadi titik supranatural bagi Jawa bahkan Nusantara. Dalam cerita lain, Mekkah-Mekkah di Nusantara akhirnya bermunculan .

Selamat Hari Raya Idul Adha .

Pic : Ka'bah Alexander visits the Ka‘bah, illustration to the Shahnamah of Firdawsi Shiraz, mid 16th century (Museum Volkenkunde Leiden, Belanda) .

#Eidmubarak #iduladha #mekkah #makkah#masjidilharam