MUSEUM PENDIDIKAN INDONESIA (MPI) YOGYAKARTA

 Kembali ke daftar artikel 

Museum Pendidikan Indonesia (MPI) Yogyakarta berada di Kampus Pusat Universitas Yogyakarta (UNY), berlamat di Jl. Colombo No.1, Karangmalang, Sleman, D.I Yogyakarta. Tepatnya, museum ini terletak di barat laut gedung rektorat UNY. Museum ini dibangun sebagai dedikasi untuk UNY itu sendiri. Museum ini merupakan museum pendidikan pertama yang didirikan di Indonesia sebelum MPI Malang yang ada di Malang dan MPI Bandung yang terletak di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Museum Pendidikan Indonesia Yogyakarta ini diresmikan pada tanggal 08 Juli 2008 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Museum ini terdapat banyak koleksi, seperti: buku sekolah, arsip kependidikan, media pembelajaran, dan benda-benda bersejarah lainnya. Museum ini terdiri dari dua lantai, dimana lantai pertama digunakan sebagai Ruang Galeri sedangkan lantai kedua digunakan sebagai Ruang Cinema. Museum ini memiliki 6 ruang utama : (1) Ruang Galeri 1 sebagai ruang memorabilia UNY, (2) Ruang Galeri 2 berisi peralatan sekolah dan para tokoh pendidikan, (3) Ruang Galeri 3 berisi ruang pembelajaran,  (4) Ruang Apresiasi Karya sebagai ruang pameran kontemporer, (5) Ruang Realia Kelas, dan yang terakhir (6) Ruang Cinema MPI. Ruang Cinema pada museum ini memiliki kapasistas 116 tempat duduk dengan kualitas sound dolby surround. Wah, sangat keren bukan? 

Museum ini buka pada hari Senin-Jumat pukul 07.30-15.00 WIB, dan hari Sabtu-Minggu untuk reservasi. Penasaran tentang sejarah pendidikan Indonesia? Yuk Kunjungi MPI! Salam Sobat Museum!

 

Sumber : 

-Buku Museum di Daerah Istimewa Yogyakarta “Jendela Memaknai Peradaban Zaman”

-tuguwisata.com

Penulis : Ailla Salsabilla

Infografis : Yoga Kurniawan