MUSEUM WAYANG KEKAYON

 Kembali ke daftar artikel 

Museum Wayang Kekayon beralamat di Jl. Raya Yoga-Wonosari Km 7, Nomor 277 Yogyakarta. Museum ini menyediakan sarana belajar tentang bagaimana cara agar kita dapat mencintai lingkungan hidup dan kebudayaan bangsa yang ada di Indonesia. Museum Wayang Kekayon menyimpan berbagai jenis koleksi wayang dengan lengkap, seperti Wayang Purwa, Wayang Madya, Wayang Thengul, Wayang beber, dan masih banyak lagi. Berbagai koleksi wayang tersebut disimpan dengan rapih da dipamerkan dalam display museum.

Museum Wayang Kekayon didirikan oleh Prof. DR. dr. KPH Soejono Prawirohadikusumo. Beliau merupakan seorang Guru Besar UGM sekaligus dokter syaraf ahli jiwa. Inspirasi mendirikan museum muncul saat beliau sedang menyelesaikan studi di Gronigen, Belanda pada tahun 1966-1967.

Museum ini diresmikan oleh Gubernur DIY pada saat itu, yaitu Paku Alam VIII pada tanggal 05 Januari 1991. Museum ini mulai beroperasi penuh pada 1,5 tahun kemudian . Sampai saat ini Museum Wayang Kekayon memiliki koleksi kurang lebih sekitar 5.465 buah wayang dari 25 jenis, baik dari alam maupun dari luar negeri.

 

Kompleks Museum Wayang Kekayon terdiri dari :

  1. Sebuah ruang auditorium, yang digunakan sebagai tempat penyampaian informasi mengenai wayang serta asal-usulnya. Auditorium juga dilengkapi sembilan ruang pameran yang menggelarkan berbagai macam wayang yang ada di Jawa, ditambah beberapa wayang yang berasal dari luar Jawa bahkan mancanegara.
  2. Gedung induk dengan arsitektur Jawa.
  3. Sejarah dalam Taman terdiri dari bangunan-bangunan yang menggambarkan periodisasi sejarah bangsa Indonesia, dimulai dari zaman manusia purba, zaman kerajaan, zaman penjajahan, hingga proklamasi.
  4. Taman dan hutan mini menggambarkan lingkungan yang tertata sesuai kaidah dalam melindungi dan melestarikan lingkungan.

 

Museum Wayang Kekayon buka setiap hari, kecuali hari Minggu (kecuali reservasi terlebih dahulu), pada hari Senin-Jumat pukul 09.00-14.00, dan hari Sabtu pukul 09.00-12.00. Museum ini menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi. Berkunjung ke museum memiliki rasa asyik tersendiri, karena selain berwisata kita juga disuguhkan dengan berbagai informasi tentang masa lalu dan menulusuri sejarah yang ada. Yuk kunjungi Museum Wayang Kekayon!!

 

Sumber            : museumindonesia.com

Tulisan : Ailla Salsabilla

Infografis : Yoga Kurniawan